Selasa, 05 Oktober 2010

HISTORIS PEPAYA BANGKOK DI KECAMATAN KALAPANUNGGAL KAB. SUKABUMI JAWA BARAT

Papaya Bangkok mulai di tanam di kecamatan kalapanunggal pada tahun 1988 oleh Bpk H Mawi sebanyak 1000 pohon pepaya, adapun nama tempat yang di tanamnya dengan alamat kp cisarua desa mekarsari kecamatan kalapanunggal.
Setelah di lihat dari produktifitasnya baik dari pemasaran maupun dalam kemanfaatannya, maka saya selaku petani tertarik untuk menanamnya. Awal 1989 saya menanam 6000 pohon papaya Bangkok di Kp. Gunung Endut desa Gunung Endut kecamatan kalapanunggal.
Awal 1990 pepaya tersebut udah siap di panen dengan harga Rp. 90/kg bandingkan dengan harga sekarang Rp. 1500/kg. Akhirnya saya berpikir untuk memasarkan sendiri ke Jakarta, dan Alhamdulillah saya bisa bersosialisasi tentang pepaya kepada para masyarakat untuk menanam Pepaya Bangkok , satu demi satu hingga sampai sekarang udah mencapai lima ratus orang petani Pepaya Bangkok yang di bina sama saya.
Saya tidak mudah membina petani sampai lima ratus orang, itu semua penuh pengorbanan supaya petani itu sendiri bisa mengerti dari segi keuntungannya maupun dalam pemasarannya. Dan Alhamdulillah dari tahun 2000 sampai dengan 2010 di rata-ratakan pertahun produksi kami mencapai 1800 Ton, jadi kalau di ratakan kurang lebih 5 Ton/hari.
Sekali pun mencapai produksi 5 Ton/hari punya saya dan petani, permintaan pasar masih tetap kurang. Padahal suplayer papaya Bangkok bukan saya sendiri, kalau di kolektifkan dengan yang lain bisa mencapai 10 Ton/hari khusunya di kecamatan kalapanunggal dan parakansalak.
Maka kesimpulannya, setelah betanam papaya Bangkok insya Allah di daerah kami tidak ada yang pra sejahtera. Karena petani papaya Bangkok adalah termasuk petani unggulan.

Demikianlah ungkapan saya sebagai pembukaan tanda perkenalan.
CV SINAR GAYA

Rudi
No Hp : 0813 1034 6233 Directur

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar